Kenali 9 Penyakit Ini dari Tanda-tanda di Mata Anda

Loading...
Bahasa Wajah - Pernah memperhatikan mata seseorang? tahukah sobat, bahwa ternyata penyakit bisa dikenali dari tanda-tanda atau ciri yang muncul dari mata dan daerah sekitar mata seseorang? Konon tanda-tanda disekitar mata ini akan muncul saat seseorang mengalami gangguan kesehatan, dan tentunya bisa di deteksi sejak dini.

Seperti kita tahu bahwa mata adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting, karena fungsinya yang sangat vital, maka kita harus senantiasa menjaga mata supaya tetap sehat normal. Dunia ini menjadi terlihat indah karena kita mempunyai mata untuk melihatnya, kalau tanpa kemampuan mata untuk melihat, mungkin kita hanya akan mendapati dunia yang gelap dan tanpa warna, hehee. dramatis ya sob?

Untuk itu, tidak ada salahnya jika sobat mengetahui fakta-fakta tentang wajah khususnya mata, yang dapat menjadi pendeteksi dini munculnya gangguan kesehatan pada tubuh kita. Ada beberapa ciri yang akan kita bahas, namun kesempatan kali ini kita hanya akan mengupas daerah sekitar mata, seperti alis, kelopak mata, kornea mata, bola mata, dan beberapa bagian yang lain. Oke untuk lebih jelasnya kita simak ulasan lengkapnya dibawah ini:


Deteksi Penyakit Lewat Mata

Cara mengenali dan mendeteki penyakti dari ciri-ciri atau tanda yang terlihat pada mata, deteksi penyakit lewat mata, penyakit diabetes, katarak, kuning, hipertensi kolesterol, melonema, dan penyakit lainnya.


1. Penyakit Diabetes

Cara mendeteksi penyakit diabetes dengan melihat mata sebenarnya cukup sederhana, ciri yang paling menonjol untuk mengenali apakah kita terkena penyakit kencing manis adalah pembuluh darah disekitar mata terlihat jelas, dan juga lensa mata yang keruh.

Penyebabnya adalah, tingginya kandungan gula dalam darah kita, yang membuat pembuluh darah pada retina "rentan" pecah. Alangkah baiknya jika segera berkonsultasi dengan dokter, karena bila dibiarkan saja, pada tingkat yang parah, dapat mengakibatkan kebutaan pada mata.


2. Penyakit Darah Tinggi / Hipertensi

Selain penyakit gula, penyakit lain yang dapat di kenali melalui mata adalah hipertensi, ciri-ciri atau tanda yang dapat kita lihat di mata seseorang yang terkena hipertensi adalah Warna mata yang berubah menjadi sedikit keperakan. sebenarnya terlihat jelas pada pembuluh arteri yang menjadi berwarna keperakan.

Penyebabnya bisa karena penyempitan pembuluh darah pada mata, pembuluh mata bocor, atau mengencang karena tekanan darah dalam tubuh yang tidak seimbang. Sebaiknya segera lakukan tindakan medis atau pencegahan, agar tidak semakin parah.


3. Penyakit Kolesterol

Kolesterol yang tinggi, tentu saja tidak baik untuk tubuh kita, tanda atau ciri penyakit ini dapat kita lihat dari mata, yaitu bila terdapat cincin berwarna putih yang melingkar disekitar iris mata. Lingkaran putih ini dikenal dengan istilah 'Archus Senilis'.

Penyebab munculnya cincin putih pada iris mata adalah adanya timbunan lemak di area kornea mata. Ketika seseorang mengalami gejala ini, alangkah baiknya jika mulai memperhatikan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Atau bila merasa hal ini sangat menggangu, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

4. Penyakit Melanoma

Kalau sobat pembaca bahasawajah,blogspot.com belum mengerti apa itu melanoma, menurut salah satu dokter mata dari klinik Mayo Rochester, tepatnya di Minnesotta, bernama dr. Sophie J. Bakrie, beliau mengungkapkan bahwa melanoma adalah jenis kanker kulit ganas. umumnya terjadi pada sel yang menghasilkan melamin pada pigmen yang berperan memberikan warna kulit.

Tidak hanya pada kulit saja, melanoma juga bisa terjadi pada mata dan organ dalam yang lain, salah satu penyebab yang sering dialami oleh penderita melanoma adalah radiasi sinar matahari yang dapat memperbesar resiko terkena kanker pada bola mata. Nah inilah yang dikenal dengan sebutan Melanoma mata. Gejala kanker ini tampak seperti titik kecil pada lapisan pigmen mata.

5. Stress

Terlalu sering menatap monitor komputer dalam waktu yang lama, misalnya saat lembur, dapat mengakibatkan penumpukan cairan pada retina, akibat langsung dari penumpukan cairan ini adalah pandangan mata menjadi kabur dan tidak jelas. Penumpukan cairan diretina akibat stress dikenal dengan istilah Centralserosa Retinopati.

Salah satu penelitian yang diadakan oleh British Journal of Ophthalmology, mengungkapkan bahwa hampir sebanyak 38% orang yang mengalami Centralserosa Retinopati menyatakan bahwa tubuh penderita dalam situasi tekanan tinggi.

Selain pandangan mata yang kabur, ciri lain dari penyakit stress yang bisa dikenali adalah terdapatnya lingkaran hitam di bawah mata. hal ini biasanya karena kurangnya waktu tidur, atau bisa karena sebab lain, seperti pola diet yang salah.

6. Alergi

Debu dan kotoran dari udara yang tanpa sengaja masuk ke mata dapat juga mempengaruhi mata kita, dan biasanya mata membuat perlindungan dengan cara memproduksi histamin serta zat kimia lain untuk melawan alergi dari benda asing yang masuk ke mata.

Proses produksi ini dapat memicu timbulnya pembengkakan pembuluh darah mata, dan mengakibatkan bola mata menjadi merah, serta rasa gatal yang timbul di putih mata. Ada baiknya segera memeriksakan diri pada tim medis.


7. Disfungsi Tiroid

Penyakit ini bisa dikenali dengan melihat alis mata, yaitu alis mata yang tipis. Tak bisa dipungkiri bahwa usia juga dapat membuat alis mata seseorang menjadi semakin tipis, namun bisa juga karena faktor lain, seperti disfungi tiroid.

Hormon tiroid berfungsi untuk menjaga metabolisme dan pertumbuhan rambut, jika mengalami disfungsi, entah itu terlalu aktif (hiperteroid), atau tidak terlalu aktif (hipoteroidisme), maka akan mempengaruhi metabolisme tubuh. Tanda atau gejala yang juga sering mengikuti adalah susah buang air besar dan juga cepat merasa capek.

8. Penyakit Hati dan Empedu (penyakit kuning)

Penyakit yang satu ini dapat dengan mudah di kenali melalui perubahan warna mata, orang yang mengalami gangguan di hati dan empedu, bagian mata yang tadinya berwarna putih, berubah menjadi kuning. Orang sering menyebutnya penyakit kuning.

Seperti kita tahu bahwa hati dan katung empedu merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh kita, untuk itu ada baiknya segera periksakan diri ke dokter.

9. Penyakit Katarak

Penyakit ini dapat dikenali dengan cukup mudah, yaitu munculnya gumpalan seperti awan di mata yang menutupi pandangan, sehingga membuat pandangan menjadi tidak jelas dan kabur. ini disebabkan karena lensa mata yang menjadi keruh.

Ada kemungkinan karena gula darah yang tidak stabil dan juga faktor usia, penyakit ini dapat disembuhkan melalui operasi, ada baiknya segera mengubungi dokter untuk mengetahui kepastiannya.

Itulah 9 Penyakit yang dapat di Kenali Lewat Mata, perlu di ingat bahwa menjaga kesehatan itu sangat penting, untuk itu bila ada diantara sobat pembaca yang mendapati tanda-tanda diatas, ada baiknya segara berkonsultasi ke ahli medis atau tim dokter ya sob.hehee.. Oke segitu dulu ulasan kali ini, semoga artikel singkat ini dapat menambah informasi sobat semuanya. Terima kasih.

Loading...