Arti Kedutan di Mata, Pipi, HIdung, Bibir, Dahi dan Bagian Wajah Lain

Loading...
Loading...
Bahasa Wajah - Apakah sobat pernah mendengar tentang kedutan?. Sepertinya hampir semua orang mengenal apa itu kedutan, dan ada yang bilang bahwa kedutan itu mempunyai makna, atau arti bagi orang yang mengalaminya. Konon kedutan adalah sebuah "tanda" atau sinyal dari tubuh yang ditujukan untuk memberi peringatan kepada pemilik tubuh akan datangnya "suatu hal". Benarkah demikian?

Mungkin sobat pernah mengalami mata berkedut-kedut, dan bergerak sendiri tanpa kita kehendaki, bagian mata yang paling sering mengalami kedutan adalah bagian kelopak mata, mungkin hal ini disebabkan karena disekitar kelopak mata terdapat banyak syaraf halus. Biasanya kedutan terjadi hanya dalam hitungan detik saja, alias tidak terlalu lama, namun demikian tidak sedikit yang mempercayai ini adalah pertanda mau dapat rejeki atau bisa juga mendapat musibah atau masalah. Nah kesempatan kali ini kita akan mengupas lebih jauh tentang arti kedutan, dilihat dari sudut pandang ilmiah dan beberapa mitos tentang kedutan.

Arti Kedutan dari Sudut Pandang Ilmiah

Arti kedutan, maknakedutan, pertandakedutan, definisi kedutan, kedutan dari sudut pandang ilmu pengetahuan, ilmiah, artikedutan primbon, arti kedutan kepala, ubun ubun, dahikanan, dahi kiri, alis kanan kiri, kelopak mata kanan atas bawah, kelopakmata kiri atas bawah, bola mata, pipi kanan kiri, hidung kanan kiri, bibir kiri kanan bawah, kedutan tepat di tengah bibir, telinga kanan kiri, leher kanan kiri, kedutan diwajah, kedutan-kedutan wajah

Kedutan disekitar mata secara medis dikenal dengan istilah Blepharospasm disingkat Beb, merupakan sebuah kontraksi otot yang tidak terkontrol yang menyebabkan kontraksi syaraf disekitar mata. Umumnya kedutan akan hilang dengan sendirinya, biasanya hanya terjadi beberapa kali dalam sehari, dan jangka waktunya tidak terlalu lama, beberapa detik, atau beberapa menit saja. Namun apabila kedutan terjadi secara terus menerus(tanpa henti), dan berlangsung cukup lama, ini bisa saja merupakan gangguan syaraf.

Penyebab Kedutan


Menurut para ahli, kedutan bukanlah sebuah penyakit atau gangguan yang serius, alias tidak terlalu berbahaya, mereka sepakat bahwa kedutan adalah bentuk protes tubuh karena kelelahan atau stress. Untuk menghilangkan kedutan kita hanya perlu mengistirahatkan tubuh saja. Nah untuk lebih jelasnya kita kupas yuk, apa saja sih penyebab kedutan:

1. Kecapekan / Kelelahan

Tubuh yang terlalu capek adalah salah satu penyebab kedutan yang paling sering ditemui, saat seseorang melakukan banyak kegiatan yang menguras tenaga, maka besar kemungkinan ia akan mengalami kedutan. Hal ini dipicu oleh syaraf-syaraf dalam tubuh yang sebenarnya butuh diistrahatkan namun dipaksa untuk beraktifitas.


2. Stress

Pemicu kedutan yang berikutnya adalah faktor psikologi, seseorang yang sedang banyak pikiran biasanya akan merasa stress, disini beban pikiran meningkat, dan memicu syaraf bereaksi. Umumnya mereka yang sedang banyak masalah sering mengalami kedutan, baik itu di sekitar mata, atau pun di dekat bibir.

3. Konsumsi Kafein yang Berlebihan

Kafein biasanya banyak ditemukan di minuman kopi, mengkonsumsi kopi secara berlebihan juga merupakan salah satu penyebab munculnya kedutan, khususnya kedutan disekitar mata, baik dikelopak mata bagian bawah maupun atas. Hal ini disebabkan karena saat kita mengkonsumsi kafein (secara berlebihan), maka tekanan pembuluh darah akan meningkat,

4. Iritasi 

Bagian tubuh yang kerap mengalami kedutan juga bisa disebabkan karena iritasi, baik pada mata, kulit wajah, pipi, maupun hidung. Saat suatu benda 'aneh' mengenai kulit tubuh, biasanya tubuh akan bereaksi, salah satu bentuk reaksinya adalah syaraf-syaraf dibawah kulit yang berkedut-kedut.


5. Kurang Tidur (istirahat)

Kemungkinan lain yang dapat memicu kedutan adalah kurangnya waktu untuk istirahat (tidur), setiap organ tubuh kita butuh waktu istirahat untuk melakukan proses regenerasi otot dan syaraf. Bila kita memangkas atau mengurangi waktu istirahat maka proses pemulihan menjadi kurang sempurna, hal ini dapat memicu timbulnya kedutan di bagian-bagian tubuh.


6. Nutrisi yang Tidak Seimbang

Mengkonsumi makanan yang tidak seimbang, juga menjadi salah satu pemicu munculnya kedutan, misalkan saja kedutan di sekitar mata, umumnya saat mata terlalu lelah, kita harus lebih banyak beristirahat, atau mengkonsumsi nutrisi untuk mengibanginya. Bila salah satu saja tidak terpenuhi, ada kemungkinan hal ini membuat seseorang mengalami kedutan.

Dari uraian diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa kedutan adalah bentuk reaksi tubuh atas sesuatu hal yang tidak seimbang, bisa kurang istrahat, kecapean, stress dan juga nutrisi yang tidak seimbang, namun beda lagi jika kita melihat kedutan dari kacamata primbon, karena dalam buku kuno peninggalan kerajaan jaman dahulu, mengungkap bahwa kedutan mempunyai makna khusus, yang kalau kita perhatikan maka itu dapat menjadi pertanda akan datangnya suatu hal di masa depan bagi yang mengalaminya. sobat pembaca bahasawajah.blogspot.com penasaran?

Arti Kedutan Menurut Primbon Jawa


Orang jawa kuno mempercayai bahwa kedutan dibagian tubuh manapun memiliki makna atau arti tersendiri, hal ini dimuat tulis dalam sebuah kitab yang diberi nama primbon, Nah kali ini kita akan mengupas tentang beberapa arti kedutan disekitar wajah, mulai dari arti kedutan di kepala, kedutan di ubun-ubun, dahi, mata, pipi, hidung dan bagian-bagian sekitar wajah yang lainnya.


1. Arti Kedutan di Kepala

Ketika seseorang mengalami syaraf yang berkedut-kedut, di kepala, menurut primbon memiliki makna bahwa ia akan mendapatkan rejeki yang tak terduga.

2. Arti Kedutan di Ubun-ubun

Kedutan di ubun-ubun mungkin jarang terjadi, menurut primbon jawa ini adalah pertanda yang baik, karena akan mendapatkan kenaikan derajat, bisa pangkat atau jabatan.


3. Arti Kedutan di Dahi Kanan

Kedutan ini juga pertanda baik, karena dipercaya bila seseorang mengalami kedutan di dahi sebelah kanan, maka ia akan mendapatkan rejeki berupa uang atau duit.

4. Arti Kedutan di Dahi Kiri

Menurut primbon, kedutan didahi kiri dapat diartikan seseorang yang mengalaminya akan mendapatkan kesenangan, entah itu kabar gembira atau hal-hal lain yang sifatnya menyenangkan.

5. Arti Kedutan di Alis Kanan

Kedutan di alis mata bagian kanan hampir sama maknanya dengan kedutan didahi kanan, yaitu akan mendapatkan rejeki berupa uang.


6. Arti Kedutan di Alis Kiri

Berbeda dengan alis kanan, ketika seseorang mengalami kedutan di alis kiri, ini dapat menjadi pertanda bahwa ia akan bertemu dengan kekasihnya (orang-orang yang dikasihi/disayangi), bisa keluarga, atau pacar (cie.. cie.. senengnya).

7. Arti Kedutan di Kelopak Mata Kanan Atas

Menurut primbon jawa, ketika seseorang mengalami kedutan di kelopak mata sebelah kanan ini adalah pertanda baik, atau memiliki makna yang baik, yaitu akan memperoleh rejeki.

8. Arti Kedutan di Kelopak Mata Kanan Bawah

Berbeda dengan kelopak mata kanan atas, kedutan di kelopak mata kanan bagian bawah memiliki arti yang kurang baik, ya, ini adalah pertanda seseorang tersebut akan mengalami kesusahan.

9. Arti Kedutan di Kelopak Mata Kiri Atas

Kelopak mata kiri atas syaraftnya berkedut-kedut, adalah pertanda yang bagus, karena seseorang yang mengalaminya akan mendapatkan kebaikan.

10. Arti Kedutan di Kelopak Mata Kiri Bawah

Kedutan di kelopak mata kiri bawah adalah salah satu kedutan yang paling sering dialami admin, dibanding bagian tubuh yang lain. Dan menurut primbon, maknanya adalah akan menangis.


11. Arti Kedutan di Sudut Mata Bagian Dalam Kanan

Sudut mata bagian dalam maksudnya adalah di dekat pangkal hidung, dalam primbon menyebutnya di tempat keluarnya air mata (jawa = tadah luh). Seseorang yang mengalami kedutan di bagian ini mempunyai arti bahwa ia akan menangis.


12. Arti Kedutan di Tempat Keluarnya Air Mata Kiri

Menurut primbon jawa, ketika seseorang mengalami kedutan di sudut mata dalam sebelah kiri ini adalah pertanda bahwa ia akan segera keluar dari penderitaan. Kalau versi sekarang mungkin, akan segera terlepas dari masalah yang selama ini dialami.


13. Arti Kedutan di Ujung Mata Sebelah Kanan

Orang jawa menyebutnya Pepadon (ujung mata), jika sobat pembaca bahasawajah.blogspot.com mengalami kedutan di pepadon kanan, artinya akan berjumpa dengan kekasihnya.


14. Arti Kedutan di Ujung Mata Sebelah Kiri

Seseorang yang mengalami kedutan di pepadon kiri, ini adalah pertanda yang kurang baik, karena ia akan mendapatkan kesusahan.


15. Arti Kedutan di Bola Mata Kanan

Bola mata kanan (wrijilan tengen), mengalami kedutan, diartikan bahwa seseorang akan menangis, karena ada yang meninggal.


16. Arti Kedutan di Bola Mata Kiri

Berbeda dengan yang kanan, kedutan di bola mata kiri, adalah pertanda bahwa yang mengalaminya akan bertemu atau berkenalan dengan seseorang yang baru.


17. Arti Kedutan di Pipi Kanan

Kedutan pipi kiri memiliki makna yang kurang baik, karena menurut primbon jawa ini adalah pertanda bahwa yang mengalaminya akan di ganggu (mendapat gangguan) orang lain.


18. Arti Kedutan Pipi Kiri

Primbon jawa mengatakan, ketika seseorang mengalami syaraf berkedut di pipi sebelah kiri artinya ia akan sakit.


19. Arti kedutan di Hidung Sebelah Kanan

Emang hidung ada sebelah kanannya min? mungkin sobat pembaca bahasawajah.blogspot.com bertanya seperti itu ya? sobat pasti tahu jawabanya bukan? kalau belum tahu silahkan bercermin. hehe (piss).

Arti kedutan, maknakedutan, pertandakedutan, definisi kedutan, kedutan dari sudut pandang ilmu pengetahuan, ilmiah, artikedutan primbon, arti kedutan kepala, ubun ubun, dahikanan, dahi kiri, alis kanan kiri, kelopak mata kanan atas bawah, kelopakmata kiri atas bawah, bola mata, pipi kanan kiri, hidung kanan kiri, bibir kiri kanan bawah, kedutan tepat di tengah bibir, telinga kanan kiri, leher kanan kiri, kedutan diwajah, kedutan-kedutan wajah
Gambar Letak Kedutan Di Wajah Manusia

Menurut primbon kedutan di hidung sebelah kanan artinya akan mendapatkan rejeki yang halal, biasanya berupa uang.

20. Arti Kedutan Hidung Sebelah Kiri

Hidung sebelah kiri syarafnya berkedut-kedut adalah pertanda bahwa yang mengalaminya akan bertemu dengan orang yang dia sayangi.


21. Arti Kedutan di Bibir Kanan Atas

Dalam primbon menyebutkan ketika seseorang mengalami kedutan di bibir kanan atas dan itu terjadi cukup lama maka ia akan mendapatkan makanan (bisa saja ditraktir makan sob).

22. Arti Kedutan di Bibir Kanan Bawah

Ketika seseorang mengalami kedutan di bibir kanan sebelah bawah, maka ini adalah pertanda badan akan memperoleh kenikmatan.

23. Arti Kedutan di Bibir Kiri Atas

Primbon mengatakan bahwa kedutan ini memiliki arti bagi yang mengalaminya akan memperbicangkan seseorang dengan saudaranya.

24. Arti kedutan di Bibir Kiri Bawah

Ini adalah pertanda yang sangat baik, karena primbon menyebutkan bahwa ketika seseorang mengalami kedutan dibagian ini maka ia akan mendapatkan pekerjaan yang baik.

25.  Tepat di Tengah Bibir Atas

Pertanda yang kurang baik, karena menurut primbon seseorang yang mengalami kedutan ini maka ia akan bertengkar.


26. Tepat di Tengah Bibir Bawah

Kalau yang ini beda lagi sob, kalau sobat pembaca bahasawajah.blogspot.com mengalami kedutan tepat di tengah bibir bagian bawah, menurut primbon, sobat bakalan makan enak. asyik kan? hehe.

27. Arti Kedutan Telinga Kanan

Ketika seseorang mengalami kedutan di telinga atau kuping sebelah kanan maka pertanda bahwa sobat akan berjumpa dengan saudara yang telah lama tidak betemu.

28. Arti Kedutan Telinga Kiri

Primbon menyebutkan bahwa kedutan yang terjadi di telinga kiri artinya adalah seseroang yang mengalami akan dibicarakan (istilah kerennya di gosipin sob) dalam hal yang baik-baik.

29. Arti kedutan Dagu Kanan

Dagu sebelah kanan berkedut-kedut syarafnya maka artinya adalah seseorang yang mengalaminya akan di hormati oleh para pembesar (tokoh-tokoh berpengaruh).


30. Arti Kedutan Dagu Kiri

Ini adalah pertanda yang baik, menurut pirmbon ketika seseorang yang mengalami kedutan di dagu sebelah kiri, maka ia akan mendapatkan pekerjaan dari pembesar.

31. Arti Kedutan di Leher Kanan

Dalam primbon menyebutkan bahwa arti dari kedutan ini kurang baik, karena ini adalah ramalan kalau orang yang mengalaminya akan mendapatkan gangguan kesehatan (sakit), sakit epeh.

32. Arti Kedutan di Leher Kiri

Hampir sama dengan leher kanan, kedutan di leher kiri juga pertanda bahwa yang mengalaminya akan sakit, namun sakitnya ini akan segera sembuh.

Itulah uraian Arti Kedutan dari Sudut Pandang Ilmiah (kedokteran) dan juga dari kaca mata Primbon, Sobat pembaca bisa memilih sendiri yang mana yang cocok. Ilmiah atau Primbon, semuanya kami kembalikan kepada sobat. Ayo bantu share ke temen-temen sobat yang lain ya? Terima kasih.

Loading...

0 Response to "Arti Kedutan di Mata, Pipi, HIdung, Bibir, Dahi dan Bagian Wajah Lain"

Jangan ragu untuk Berkomentar, ayo kasih pendapat Sobat mengenai artikel kami ini, kami akan sangat senang bila sobat pembaca berkenan memberi coretan di sini.