Tanda-tanda Orang Berbohong dari Gerak dan Sentuhan Diwajah

Loading...
Bahasa Wajah - Suka memperhatikan wajah seseorang? Saat bertemu dengan seseorang, hal pertama kita perhatikan adalah wajah mereka, betul ga sob? dari wajah, kita bisa tahu kesan pertama, ataupun perasaan pertama yang kita rasakan saat bertemu dengan seseorang. Selain itu, ternyata wajah seseorang bisa juga lho di jadikan acuan untuk mengetahui seseorang tersebut sedang berbohong kepada kita. Terutama dilihat dari gerakan-gerakan atau sentuhan di bagian-bagian wajah tertentu, seperti sentuhan di mulut, sentuhan di hidung dan beberapa sentuhan lainnya.

Ada beberapa pakar komunikasi nonverbal yang mengungkap bahwa tanda-tanda orang yang sedang berbohong dapat dilihat  dari gerakan-gerakan dan setuhan yang ada dibagian wajah. Tanda atau ciri tersebut bersifat umum dan univerasal (bisa terjadi di berbagai belahan dunia, tidak melihat dari bahasa yang mereka gunakan) serta sangat sulit untuk di manipulasi. Akan tetapi, terdapat beberapa pengecualian, biasanya di kaitkan dengan budaya atau adat yang melingkupinya.

Nah kesempatan kali ini bahasawajah.blogspot.com akan berbagi tentang tanda-tanda orang yang berbohong, dilihat dari beberapa gerak atau sentuhan dibagian wajah mereka, sebenarnya, selain tanda diwajah, ada juga tanda-tanda dibagian tubuh lainnya, namun kita akan lebih memfocuskan pada tanda-tanda disekitar wajah saja.


Tanda-tanda Orang Berbohong

Tanda-tanda, ciri-ciri, tanda orang berbohong dengan gerak menyentuh hidung, ciri orang berbohong dengan menutup mulut, tanda orang yang bohong dengan menutup mulut, tanda pembohong dengan tutup hidung, orang-orang yang pandai berbohong, pembohong, tanda-tanda dia sedang bohong, tanda dan ciri orang yang suka berbohong, kenali ciri-ciri pembohong, ciri anak pembohong, pembohong ulung, penipu, menipu, ciri pria pembohong, ciri wanita pembohong, ciri suami pembohong, ciri fisik pembohong, tanda fisik, reflek pembohong
Gambar Ilustrasi Orang Sedang Menutup Mulut Saat Berkata Bohong

Tanda-tanda kebohongan yang akan kita kupas disini, hanyalah yang bersifat universal saja lho sob, maksudnya adalah tidak memandang budaya tertentu, ataupun kebiasaan serta kelainan syaraf. Untuk lebih jelasnya simak dibawah ini:


1. Tanda Orang Berbohong dengan Menutup Mulut dan Terbatuk

Pernahkah sobat pembaca bahasawajah.blogspot.com perhatikan saat anak-anak sedang berbohong? apa yang mereka lakukan? biasanya saat berbohong mereka menutup mulutnya dengan tangan, hal itu adalah refleks, dan dilakukan tanpa disadarinya.

Begitu pula dengan orang dewasa, mereka juga melakukan hal yang sama, yaitu menutup mulut mereka saat mereka berbohong, atau bisa juga menyamarkannya dengan pura-pura terbatuk.  Orang-orang yang sedang berbohong dengan menutup mulut mereka adalah tanpa sadar, karena otak menyuruh tangan agar segera menghentikan perkataan (kata-kata) bohong yang sedang di ucapkan.

Charles Darwin, salah seorang ilmuwan sekaligus penemu teori evolusi juga pernah mengungkapkan bahwa isyarat keheranan serta menyembunyikan sesuatu, terlukis dengan meletakkan tangan di mulut. Gerakan tersebut seolah-olah ingin menghentikan ucapan atau kata-kata yang baru saja terlontar. Sama halnya dengan seseorang yang sedang tertawa terbahak-bahak (keras), Saat mereka merasa melakukan sesuatu hal yang berlebihan dan itu bukanlah hal yang baik, maka secara refleks ia akan menutup mulutnya. Seolah-olah hendak menghentikan tawanya yang terlampau keras tersebut. Baca juga : Watak dan Kepribadian Seseorang dari Bentuk Mulut.

Akan tetapi saat kita berbicara dengan seseorang, dan seseorang tersebut menutup mulutnya saat mendengar kita sedang berbicara itu adalah tanda bahwa kitalah yang sedang berbohong kepadanya. Mengapa ini bisa terjadi? Karena dia merasa terheran dan sedikit cemas, mengapa kita berbohong. Hal ini pun terjadi secara reflek, secara tak sadar ia menutupi mulutnya sendiri. Umumnya gerakan atau sentuhan ini di ikuti dengan sentuhan dibagian wajah yang lain, seperti pipi, dagu atau pun dahi.

2. Tanda Orang Berbohong dengan Menyentuh Hidung

Selain menutup mulut dan berpura-pura batuk, ada tanda atau ciri-ciri lain orang sedang berbohong yang bisa kita kenali, yaitu dengan menutup hidungnya, Tanda yang kedua ini lebih halus dan tersamar di bandingkan tanda yang pertama. Ketika seseorang sedang berbohong, maka secara tidak sadar ia kan melakukan gerakan atau sentuhan mengusap hidungnya, biasanya dibagian bawah hidung. Baca juga : Sifat Orang Dari Bentuk Hidung.

Ada yang melakukannya secara cepat, namun ada juga yang lambat atau perlahan. Kalau gerakan dan setuhan tersebut dilakukan dengan cepat, mungkin kita akan sedikit kesulitan untuk mengenalinya, Namun ada hal yang sebaiknya sobat perhatikan ya, karena bisa saja orang yang sedang kita ajak bicara tersebut memang sedang gatal hidungnya, sehingga mengusapnya secara reflek, jadi sobat perlu berhati-hati saat membaca isyarat ini.

Umumnya, gerak atau usapan hidung ini dilakukan secara lembut dan perlahan, dibagian bawah hidung saja, dan bukan menggaruk atau menggosoknya secara keras. Penjelasan untuk gerak atau sentuhan dibawah hidung adalah, saat pikiran negatif (sedang atau hendak berbohong) memasuki alam bawah sadar, maka otak akan serta merta menyuruh tangan untuk menutup mulut. Nah hal tersebut adalah respon atas mulut yang baru saja mengucapkan kata-kata bohong (tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya). Namun, untuk menutupi atau menyamarkan supaya usahanya menutup mulut tidak terlalu kentara, maka tangan dialih kan menjauhi wajah, dan hasilnya adalah sentuhan cepat di hidung.

Gerakan atau usapan di hidung ini biasanya berlangsung secara cepat dan tampak alamiah, hingga membuat orang lain terkecoh bahwa sebenarnya gerakan tersebut menunjukkan kebohongannya sendiri. Ada juga teori lain yang menyebutkan bahwa saat seseorang berbohong, maka syaraf-syaraf yang ada di ujung hidung mereka akan terasa gatal, dan untuk menghilangkannya, orang tersebut akan mengusap atau menggerakkan tangannya menyentuh hidung secara lembut dan halus.

Itulah Ciri atau Tanda-tanda Orang Berbohong dengan Menyentuh Mulut dan Hidung mereka. Sobat pembaca bisa mencoba mempraktekkan dengan mengamati percakapan orang. Datanglah ke tempat umum lalu perhatikan dua orang atau lebih yang sedang mengobrol. Apabila dalam obrolan tersebut tidak ada kebohongan, maka sobat akan kesulitan menemukan tanda-tanda tersebut. Namun bila ada kebohongan, sobat dapat dengan mudah menemukan gerak isyarat menyentuh mulut atau hidung. Selamat mencoba.

Loading...